Banda Aceh (2/9) – Setelah beberapa hari yang lalu Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mendapat dana hibah Program Kecakapan Kerja (PKK) dari Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Kini, Fakultas Vokasi Unmuha kembali mendapatkan dana bantuan dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (MITRASDUDI) Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud sebesar 150 juta rupiah.

Dana ini akan dipergunakan untuk Program Asesmen Keselarasan Kurikulum dengan Industri Dunia Kerja (Iduka). Program ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan yang objektif antara target kompetensi kurikulum yang sudah berjalan di program studi (prodi) D-3 Perhotelan Fakultas Vokasi Unmuha dengan kebutuhan kompetensi Iduka saat ini.

Pada tanggal 24 Agustus 2020 yang lalu, Fakultas Vokasi Unmuha telah melaksanakan kesepakatan kerja sama (MoU) dengan 10 (sepuluh) Iduka Aceh. Salah satu butir dari MoU tersebut adalah menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan mereka. Bulan September 2020 ini, diharapkan program tersebut dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Pelaksanaan kegiatan akan dihadiri oleh 10 orang utusan dari masing-masing Iduka, yaitu Kryiad Muraya Hotel Banda Aceh, Grand Arabia Hotel Banda Aceh, Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh, ULKA Guest House Aceh Besar, Kumala Hotel Banda Aceh, Oasis Hotel Banda Aceh, Permata Hati Hotel Aceh Besar, The Pade Hotel Aceh Besar, serta dari industri makanan yaitu Deknong Bakery dan Wirda Cake.

Pada tanggal 31 Agustus 2020 silam, Dekan Fakultas Vokasi Unmuha, Dr. H. Aliamin, S.E., M.Si.Ak, CA telah melakukan presentasi dan wawancara dengan pihak MITRASDUDI via zoom meeting. Tim MITRASDUDI mengupas seluruh isi proposal yang telah tim Vokasi Unmuha usulkan. Alhamdulillah, atas kerja keras dan do’a dari Tim Vokasi Unmuha, Program Asesmen Keselarasan Kurikulum dengan Iduka dari Fakultas Vokasi Unmuha lolos dan layak mendapatkan bantuan dana dari Kemdikbud.

Dalam pelaksanaan program ini, selain mengundang perwakilan 10 Iduka, Fakultas Vokasi Unmuha juga mengundang beberapa orang alumni yang telah bekerja di Iduka tersebut. Menurut Aliamin, Dekan Fakultas Vokasi Unmuha, “Pertemuan dilakukan dengan dua cara, cara daring dan bertatapan langsung”. “Meskipun pandemi COVID-19 belum berakhir, pelaksanaan kegiatan ini tentu saja tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah”, tambah Aliamin.

Gol dari program ini adalah menjadikan kurikulum Prodi D-3 Perhotelan yang sebelumnya hanya berbasis KKNI, ditambah menjadi kurikulum berbasis experiential learning method. New kurikulum ini, diharapkan alumni Fakultas Vokasi Unmuha semakin siap dan mantap untuk bersaing di industri pariwisata khususnya bidang perhotelan baik di tingkat nasional maupun internasional. (FVUnmuha/IDY)

By admin

Translate »