Banda Aceh (8/11) – Dekan Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) sekaligus menjabat sebagai Ketua Senat Fakultas Vokasi Unmuha, Dr. H. Aliamin, S.E., M.Si.Ak, CA meyudisiumkan 18 alumni Program Diploma Tiga (D-3) Fakultas Vokasi Unmuha. Fakultas Vokasi Unmuha menyelenggarakan acara yudisium perdana di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh. Acara ini dihadiri oleh Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, MA dan Ketua BPH Unmuha, Drs. H. Nasrullah Jakfar, M.A.

Fakultas Vokasi Unmuha memiliki 2 (dua) program studi (prodi) Diploma-3 yaitu Perhotelan dan Fisioterapi. Sebelumnya kedua prodi tersebut berdiri sendiri dengan institusi yang berbeda yaitu Akademi Pariwisata (Akpar) Muhammadiyah Aceh dan Akademi Fisioterapi (Akfis) Muhammadiyah Aceh. Pada tanggal 18 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 1038/KPT/I/2019, Akpar dan Akfis Muhammadiyah Aceh bergabung ke Unmuha. Kemudian, pada tanggal 20 Maret 2020 berdasarkan Keputusan Rektor Unmuha Nomor: 352/UM.M/KEP/F/2020, Unmuha mendirikan Fakultas Vokasi sebagai wadah pendidikan vokasi prodi Perhotelan dan Fisioterapi.

Fakultas Vokasi Unmuha memiliki tujuan untuk melahirkan alumni yang profesional, inovatif dan Islami. Pada hari ini, 8 November 2020 untuk pertama kalinya, setelah bergabungnya Akpar dan Akfis Muhammadiyah Aceh menjadi prodi Perhotelan dan Fisioterapi di Fakultas Vokasi Unmuha, Fakultas Vokasi Unmuha telah mencetak 18 orang tenaga terampil yang siap bekerja dan bersaing di industri pariwisata khususnya bidang perhotelan, serta industri kesehatan khususnya tenaga fisioterapi.

18 alumni Fakultas Vokasi terdiri dari 14 alumni prodi perhotelan dan 4 alumni prodi fisioterapi. Ada 4 (empat) alumni prodi perhotelan yang lulus dengan predikat cumlaude, yaitu Fenny Jhon dengan mendapatkan IPK tertinggi yaitu 3,87. Selanjutnya disusul oleh Khairul Anwar Walidin dengan IPK 3,75, Nanda Aprilyana memperoleh IPK 3,62 dan terakhir Tia Mauliza Sitopu dengan IPK 3,55.

Dekan Fakultas Vokasi Unmuha, Aliamin mengatakan, “Yudisium ini adalah salah satu kegiatan untuk mencapai misi ke-4 Fakultas Vokasi Unmuha yaitu menghasilkan lulusan siap kerja yang profesional, inovatif, Islami dan berjiwa entrepreuner”. Aliamin juga berpesan, “Para alumni Fakultas Vokasi Unmuha diharapkan dapat menerapkan ilmu dan skill yang telah didapatkan saat kuliah ke dalam dunia kerja, serta dapat menjaga nama baik almamater dimanapun bertugas nantinya”. (FV/IDY)

By admin