Banda Aceh (1/9) – Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Program Asesmen Keselarasan Kurikulum dengan 10 Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (Iduka) khususnya bidang Pariwisata di Aceh. Kegiatan FGD ini diadakan di Grand Arabia Hotel Banda Aceh.

Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, M.A memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara dalam kegiatan ini. Kurikulum merupakan acuan/patron dalam mencetak lulusan menggunakan sumber daya manusia, infrastruktur, sarana dan sumber daya lainnya yang dimiliki oleh penyelenggara pendidikan yaitu Fakultas Vokasi Unmuha. Mengingat peran kunci kurikulum tersebut, tidaklah berlebihan bahwa kurikulum juga merupakan faktor penting dalam menentukan keselarasan lulusan dengan kebutuhan kompetensi Iduka.

Adapun 10 Iduka yang terlibat dalam program ini diantaranya Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh, Grand Arabia Hotel Banda Aceh, Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh, ULKA Guest House Aceh Besar, Kumala Hotel Banda Aceh, Oasis Hotel Banda Aceh, Permata Hati Hotel dan Convention Center Aceh Besar, The Pade Hotel Aceh Besar, serta dunia usaha kuliner Deknong Bakery, dan Wirda Cake. Kesepuluh Iduka tersebut merupakan stakeholder yang selama ini telah memfasilitasi dan mendukung pendidikan mahasiswa prodi D-3 Perhotelan Fakultas Vokasi Unmuha.

Marlina, S.Pd., M.Pd selaku ketua panitia mengatakan bahwa, “Kami berterima kasih kepada pihak Iduka pariwisata di Aceh, karena beberapa mahasiswa D-3 Perhotelan Fakultas Vokasi Unmuha telah mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di beberapa hotel di Banda Aceh dan Aceh Besar, bahkan aluminya pun sudah bekerja dan beberapa orang ada yang menempati jabatan penting di Iduka tersebut”.

Acara FGD Asesmen Kurikulum ini sangat penting bagi mahasiswa Perhotelan karena kurikulum yang mereka pelajari nantinya akan selaras dengan industi dan dunia kerja. Ilmu dan skill yang mereka dapatkan saat kuliah dapat mereka terapkan saat mengikuti PKL nantinya, diharapkan selesai PKL, mereka langsung mendapatkan kontrak kerja di Iduka.

Target dari program asesmen keselarasan kurikulum dengan Iduka ini adalah untuk mencapai kompetensi kurikulum dengan kompetensi yang dibutuhkan Iduka. Jadi, misi ke-4 dari Fakultas Vokasi Unmuha yaitu “Menghasilkan lulusan siap kerja yang profesional, inovasi, Islami dan berjiwa enterpreneur”, dapat tercapai. (FVUnmuha/IDY)

By admin

Translate »