Sejarah

Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) berdiri pada tanggal 20 Maret 2020 berdasarkan Keputusan Rektor Unmuha Nomor: 352/UM.M/KEP/F/2020 tentang Pembentukan Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh. Fakultas Vokasi ini dibentuk atas dasar telah bergabungnya (merger) Akademi Pariwisata Muhammadiyah Aceh (Akpar) dan Akademi Fisioterapi Muhammadiyah Aceh (Akfis) ke Universitas Muhammadiyah Aceh.

Penggabungan tersebut disahkan pada tanggal 18 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 1038/KPT/I/2019 tentang Izin Penyatuan Akademi Pariwisata Muhammadiyah Aceh di Kota Banda Aceh dan Akademi Fisioterapi Muhammadiyah Aceh di Kota Banda Aceh ke Universitas Muhammadiyah Aceh di Kota Banda Aceh yang Diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Akpar sebelumnya memiliki satu program studi (Prodi) yaitu DIII Perhotelan dan Akfis pun memiliki satu prodi yaitu DIII Fisioterapi. Kedua prodi tersebut merupakan prodi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, sehingga atas dasar rapat Senat Unmuha tanggal 19 Maret 2020, perlu dibentuk Fakultas Vokasi sebagai wadah Program DIII Pariwisata dan DIII Fisioterapi, sehingga segala aktivitas akademik dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Fakultas Vokasi Unmuha ini adalah Fakultas Vokasi pertama yang berdiri di Aceh. Diharapkan fakultas ini dapat mencetak lulusan siap kerja yang memiliki keterampilan (skill) yang berakhlak Islami sehingga dapat bersaing di dunia kerja baik lokal, nasional maupun kancah internasional.

Translate Β»