Dosen dan Mahasiswa Program Studi D3 Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Wisata Lamjamee kecamata Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Kegiatan ini ditujukan untuk pendampingan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan tema “Penguatan Kelembagaan Pokdarwis Tuah Peuraja untuk Pengelolaan Desa Wisata Lamjamee”. Pendampingan dilakukan selama 2 bulan terhitung sejak 01 juni sampai dengan 30 Juli 2023.

Program ini diketuai oleh Dr. Harbiyah A.G. M.Pd dan beranggotakan Riska Nanda, S.Pd., M.Sc, Ichsan Akmal Mazaz. B.A (Hons)., M.M dan beberapa mahasiswa Prodi D3 Perhotelan. Proses pendampingan dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu diawali dengan tahap sosialisasi dan visioning, kemudian dilanjutkan pada tahap identifikasi potensi, dan terakhir tahap penyusunan program kerja Pokdarwis.

Hasil kegiatan PKM ditemukan bahwa masyarakat belum memahami secara jelas tugas dan fungsi Pokdarwis, tujuan dari pengembangan desa wisata, dan manfaat yang dapat diperoleh. Selain itu, pada tahapan identifikasi potensi ditemukan pula bahwa Desa Lamjamee memiliki 9 (sembilan) Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) dengan proporsi jenis daya tarik wisata budaya menempati posisi tertinggi yaitu 44% atau 4 (empat) ODTW, disusul dengan jenis buatan dan sejarah masing-masing sebanyak 2 (dua) objek atau 22,5 %, dan proporsi terkecil adalah jenis daya tarik wisata alam, yaitu hanya 11 % atau 1 (satu) ODTW.

Program pendampingan ini disambut dengan sangat baik oleh aparatur desa dan masyarakat setempat. Diharapkan pula agar kedepannya kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali di Desa Wisata Lamjamee. (FV/Riska Nanda)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »