Banda Aceh (18/9) – Setelah kemarin, Jum’at (17/9) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online melalui media zoom meeting. Pada hari Sabtu (18/9) Fakultas Vokasi Unmuha menggelar Silaturrahmi Keakraban Mahasiswa Baru (Sikmaba) 2021. Acara Sikmaba tersebut dilaksanakan secara Luar Jaringan (Luring) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (protkes) Covid-19 sesuai dengan peraturan pemerintah.

Peserta Sikmaba berjumlah 13 mahasiswa, 11 orang dari prodi D3 Perhotelan dan 2 (dua) orang dari prodi D3 Fisioterapi. Dekan Fakultas Vokasi Unmuha, Dr. H. Aliamin, S.E., M.Si.Ak, CA membuka acara Sikmaba 2021. Acara yang berlangsung di Laboratorium Perhotelan Fakultas Vokasi Unmuha ini terselenggara atas kerja keras dari Panitia Sikmaba Fakultas Vokasi Unmuha 2021 yang diketuai oleh Ikhsan Maulana (mahasiswa prodi D3 Perhotelan angkatan 2020) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi Unmuha yang digubernuri oleh Romy Firmansyah (mahasiswa prodi D3 Perhotelan angkatan 2018).

Pihak akademik Fakultas Vokasi Unmuha mengundang alumni-alumni dari prodi D3 Perhotelan seperti Rahmad Chumaidi, A.Md.Par (Staf Hermes Palace Hotel Banda Aceh), Firmansyah, A.Md.Par (Staf Kryiad Muraya Hotel Banda Aceh), dan Fajriah, A.Md.Par (Staf Grand Arabia Hotel Banda Aceh) untuk berbagi pengalaman belajar di prodi perhotelan dan bekerja di industry perhotelan. Fakultas Vokasi Unmuha juga mengundang alumni dari prodi D3 Fisioterapi seperti Ftr. Amelia Fadlina, S.Fis dan Lisa Agustina, S.Ftr (Dosen Prodi Fisioterapi) serta Hasliza, A.Md.Fis (Terapis Klinik Rufaidah Care) yang berbagi pengalaman tentang kuliah dan bekerja sebagai Fisioterapis.

Tujuan mendatangkan alumni dalam acara Sikmaba tersebut adalah untuk menumbuhkan semangat belajar kepada mahasiswa baru agar cita-cita mereka tercapai. Selain itu untuk menghilangkan paradigma masyarakat, yang menganggap negatif terhadap profesi di industri perhotelan dan menganggap fisioterapis adalah tukang pijat. Penilaian tersebut tentu saja salah, karena mereka belum mengenal bidang ilmu perhotelan dan fisioterapi.

Kegiatan Sikmaba ini bertujuan agar mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022 mengenal kehidupan kampus khususnya Fakultas Vokasi Unmuha. Pada sesi pertama kegiatan Sikmaba, Marlina, S.Pd., M.Pd perwakilan prodi perhotelan, memperkenalkan secara garis besar tentang prodi perhotelan. Dilanjutkan dengan perkenalan tentang prodi Fisioterapi yang dipaparkan oleh Ketua Prodi Fisioterapi, Nurnarita Laila, S.ST.Ft. Selanjutnya mahasiswa diperkenalkan kepada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), mereka diajarkan cara mengisi KRS online, melihat nilai semester secara online, mengisi data pribadi dan merubah password ID di SIAKAD.

Selain itu mahasiswa baru diperkenalkan tentang sarana dan prasarana (sarpras) kampus seperti Perpustakaan Unmuha. Kepala Perpustakaan Unmuha, Lia Fitria, S.Pd.I beserta staf, memperkenalkan koleksi buku-buku prodi D3 Perhotelan dan D3 Fisioterapi apa saja yang tersedia di Perpustakaan Unmuha. Selain itu, Lia juga menjelaskan bagaimana cara mendaftar menjadi anggota perpustakaan, berapa jumlah buku yang bisa dipinjamkan untuk dibawa pulang dan berapa lama waktu peminjaman, serta berapa denda bila mahasiswa terlambat mengembalikan buku tersebut.

Sarpras lain yang diperkenalkan kepada mahasiswa baru adalah laboratorium komputer, laboratorium perhotelan, dan laboratorium fisoterapi. Sesi terakhir dalam acara Sikmaba ini adalah perwakilan BEM Fakultas Vokasi Unmuha akan memperkenalkan mahasiswa baru terhadap organisasi di lingkungan Kampus khususnya Fakultas Vokasi Unmuha. Diharapkan acara Sikmaba Fakultas Vokasi Unmuha ini dapat memberi kehidupan dan semangat baru untuk memajukan Fakultas Vokasi Unmuha dimasa yang akan datang. (FVUnmuha/ IDY)

By admin

Translate »