Banda Aceh (24/10) – Program Studi (Prodi) Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan Senam Lansia di Gampong Keuramat Kota Banda Aceh pada Ahad, 24 Oktober 2021. Senam lansia ini diadakan di halaman Sekolah SDN 28 Kota Banda Aceh yang beralamat di Jalan Teladan Gampong Keuramat Kota Banda Aceh.

Peserta yang mengikuti senam lansia ini berjumlah 30 orang dan bermayoritas ibu-ibu. Senam yang dimulai pukul 07.30 wib berlangsung selama 1 (satu) jam.

Senam ini diikuti oleh ibu-ibu lanjut usia (Lansia) dan ibu-ibu muda yang berdomisili di Gampong Keuramat dan sekitarnya. Ketua Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi Unmuha, Nurnarita Laila, SST.FT mengungkapkan, “Kegiatan senam bersama lansia ini adalah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh para Tenaga Pengajar (Dosen) di Perguruan Tinggi”.

Tema kegiatan Senam Bersama Lansia ini adalah Lansia Sehat, Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia. Senam Bersama Lansia ini bertujuan untuk menyehatkan para lansia di Gampong Keuramat Kota Banda Aceh. Apabila lansia sehat dan sejahtera, maka seluruh masyarakat menjadi bahagia.

Peserta mengikuti gerakan dari video senam yang diputar oleh panitia melalui layar kaca (televisi). Mereka sangat bersemangat mengikuti senam tersebut. Selain senam lansia, diadakan juga senam aerobik untuk ibu-ibu muda.

Sebelum memulai senam, para mahasiswa Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi Unmuha melakukan pengukuran tensi darah kepada ibu-ibu yang mengikuti kegiatan tersebut. Tujuannya adalah untuk mengukur tekanan darah, apabila dari peserta senam ada yang hipertensi ataupun hipotensi, maka peserta senam tersebut dilarang untuk melaksanakan senam. Pengukuran tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan para peserta senam.

Diharapkan kedepan, seluruh Gampong di Kota Banda Aceh dapat melaksanakan senam lansia ini. Agar kaum lansia Kota Banda Aceh khususnya dan Aceh umumnya dapat hidup sehat, sejahtera dan bahagia. (FV/Unmuha)

By admin

Translate »